Back to homepage

Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi

BIDANG PERIZINAN DAN KELEMBAGAAN KOPERASI

Pasal 9

Bidang Perizinan  Kelembagaan Koperasi mempunyai tugas menyusun rencana, memberi petunjuk kepada staf, memonitor dan mengevaluasi perkembangan kinerja kelembagaan koperasi. Bidang Perizinan Kelembagaan Koperasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Perizinan Kelembagaan Koperasi mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana program bidang Perizinan Kelembagaan koperasi sebagai pedoman pelaksaan tugas.
  2. Pembagian tugas kepada staf .
  3. Pemberian petunjuk dan arahan kepada staf
  4. Pembuatan Perizinan Koperasi
  5. Pelaksanaan  Koordinasi dengan Notaris Pembuat Akta Koperasi
  6. Pelaksanaan penataan Kelembagaan koperasi
  7. Penataan ketatalaksanaan koperasi
  8. Pemonitoran dan pengevaluasian perkembangan kinerja kelembagaan koperasi.
  9. Penyiapan rekomendasi pengesahan usulan  Badan Hukum dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi
  10. Pelaporan kegiatan Perizinan Kelembagaan Koperasi kepada kepala dinas.
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

Pasal 10

Bidang Perizinan Kelembagaan Koperasi membawahi:

  1. Seksi Perizinan
  2. Seksi Kelembagaan
  3. Seksi Monitoring, Evaluasi Pelaporan dan data Koperasi
  4. Masing-masing Seksi pada Bidang Perizinan Kelembagaan Koperasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang

 

Pasal 11

Seksi Perizinan Koperasi mempunyai tugas merumuskan program kerja ,membuat izin Koperasi  mengadakan pembinaan dan melaporkan kegiatan Seksi Perizinan Koperasi kepada Kepala Bidang. Rincian tugas Seksi Perizinan Koperasi adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan program Seksi Perizinan  Koperasi melalui rencana jangka pendek, menengah dan panjang.
  2. Membagi tugas kepada staf.
  3. Memberikan arahan dan petunjuk kepada staf
  4. Menerima permohonan Pembuatan Izin usaha, Izin Pembukaan Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan dan Kantor Kas KSP/USP, KSPPS/USPPS.
  5. Meneliti permohonan Pembuatan Izin usaha, Izin Pembukaan Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan dan Kantor Kas KSP/USP, KSPPS/USPPS.
  6. Melaksankan Pembuatan Izin usaha, Izin Pembukaan Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan dan Kantor Kas KSP/USP, KSPPS/USPPS.
  7. Membuat rekomendasi perizinan
  8. Menginventarisasi dan Mencatat kedalam buku registrasi Perizinan Koperasi.
  9. Mengkoordinasikan pembinaan dengan seksi terkait.
  10. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang.
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Pasal 12

Seksi Kelembagaan  Koperasi mempunyai tugas merumuskan program, melakukan pendampingan pelaksanaan RAT Koperasi, melaksanakan Sosialisasi/Penyuluhan Perkoperasian dalam rangka pendirian Koperasi baru serta mengkoordinasikan pembinaan dengan seksi terkait..Rincian tugas Seksi Kelembagaan  Koperasi adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan program seksi Kelembagaan  koperasi melalui rencana jangka pendek, menengah dan panjang.
  2. Membagi tugas kepada staf
  3. Memberikan arahan kepada staf
  4. Menganalisa berkas pembentukan koperasi dan perubahan Anggaran Dasar Koperasi
  5. Menganalisa berkas pembubaran koperasi .
  6. Melaksanakan sosialisasi/penyuluhan Perkoperasian dalam rangka pendirian koperasi baru.
  7. Melaporkan kegiatan seksi kepada Kepala Bidang
  8. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan.

 

Pasal 13

Seksi Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Data  Koperasi mempunyai tugas menyusun, menyiapkan, memonitor perkembangan koperasi serta mengevaluasi dan menganalisa data perkembangan koperasi. Adapun rincian tugas Seksi Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Data  Koperasi adalah sebagai berikut :

  1. Merencanakan program kerja Seksi Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Data  Koperasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas.
  2. Membagi tugas staf dalam rangka mengefektifkan pelaksanaan tugas
  3. Memberikan arahan dan petunjuk kepada staf
  4. Menghimpun dan menyusun data kelembagaan, keuangan dan usaha  koperasi.
  5. Mengevaluasi dan menganalisa data Kelembagaan usaha dan keuangan koperasi.
  6. Membuat laporan perkembangan koperasi secara berkala
  7. Melaporkan kegiatan seksi kepada kepala bidang
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.