RUANG LINGKUP TUGAS DAN FUNGSI


Berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Tengah Nomor 22 Tahun 2017 Tentang Rincian Tugas dan Fungsi Jabatan Struktural Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Lampung Tengah.
1.    Kepala Dinas
2.    Sekretariat
a.    Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan
b.    Sub Bagian Keuangan
c.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan surat-menyurat, tata naskah dinas, kearsipan, keprotokolan, memberikan layanan administrasi umum dan kepegawaian, menyiapkan bahan pembinaan, menyusun rencana, kebutuhan mutasi dan promosi serta pengembangan kepegawaian.


Program Unggulan Sekretariat / Perencanaan yang akan dilaksanakan:
Layanan Informasi Perkoperasian dan UKM berbasis Website.


3.    Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi
Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pelaksanaan dan evaluasi pembinaan perizinan dan penguatan kelembagaan Koperasi yang meliputi: layanan perizinan dan Badan Hukum Koperasi, organisasi dan tata laksana, penyuluhan perkoperasian serta monitoring, evaluasi pelaporan dan data Koperasi.

a.    Seksi Perizinan
Seksi Perizinan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pelaksanaan layanan perizinan Koperasi yang meliputi: memfasilitasi izin usaha simpan pinjam Koperasi Kabupaten, memfasilitasi izin pembukaan kantor cabang, kantor cabang pembantu dan kantor kas KSP dan KSPPS serta fasilitasi perizinan lainnya.

b.    Seksi Kelembagaan
Seksi Kelembagaan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan pembinaan kelembagaan Koperasi, meliputi: pendaftaran dan Badan Hukum Koperasi, organisasi dan tata laksana, penyuluhan perkoperasian serta gerakan masyarakat sadar Koperasi.

c.    Seksi Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Data Koperasi
Seksi Monitoring, Evaluasi, Pelaporan dan Data Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan pembinaan monitoring, evaluasi, pelaporan dan data Koperasi, meliputi: pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan informasi tingkat Kabupaten.


Program Unggulan Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi:
Penilaian Koperasi Berprestasi


4.    Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi
Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi dan evaluasi pelaksanaan pembinaan pengawasan dan pemeriksaan Koperasi, meliputi penilaian kesehatan Koperasi, pemeriksaan kelembagaan dan usaha Koperasi serta penerapan peraturan dan sanksi.

a.    Seksi Penilaian Kesehatan Koperasi
Seksi Penilaian Kesehatan Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan penilaian kesehatan Koperasi Kabupaten, meliputi Koperasi yang mengelola usaha simpan pinjam dan Koperasi yang mengelola usaha sektor riil.

b.    Seksi Pemeriksaan Kelembagaan dan Usaha Koperasi
Seksi Pemeriksaan Kelembagaan dan Usaha Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemeriksaan kelembagaan dan usaha Koperasi Kabupaten terkait kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan Koperasi.

c.    Seksi Penerapan Peraturan dan Sanksi
Seksi Penerapan Peraturan dan Sanksi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan penerapan peraturan dan sanksi perundang-undangan Koperasi.


Program Unggulan Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi:
Sosialisasi dan Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam / Unit Simpan Pinjam dan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah / Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.


5.    Bidang Pemberdayaan Koperasi
Bidang Pemberdayaan Koperasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis pembinaan, koordinasi, fasilitasi, pelaksanaan dan evaluasi pemberdayaan Koperasi yang meliputi fasilitasi usaha Koperasi, peningkatan kualitas SDM Koperasi serta pengembangan, penguatan dan perlindungan Koperasi.

a.    Seksi Fasilitasi Usaha Koperasi
Seksi Fasilitasi Usaha Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan Koperasi melalui fasilitasi usaha Koperasi dalam mengakses pasar bagi Koperasi.

b.    Seksi Peningkatan Kualitas SDM Koperasi
Seksi Peningkatan Kualitas SDM Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan Koperasi melalui peningkatan kualitas SDM Koperasi.

c.    Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Koperasi
Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Koperasi mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan Koperasi melalui pengembangan, penguatan dan perlindungan Koperasi.


Program Unggulan Bidang Pemberdayaan Koperasi:
Penerapan Standar Kompetensi bagi Pengelola Koperasi Simpan Pinjam / Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.


6.    Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro
Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis pembinaan, koordinasi, fasilitasi, pelaksanaan dan evaluasi pemberdayaan UKM yang meliputi fasilitasi usaha UKM, pengembangan, penguatan dan perlindungan UKM, serta peningkatan kualitas kewirausahaan.

a.    Seksi Fasilitasi Usaha Mikro
Seksi Fasilitasi Usaha Mikro mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan usaha mikro melalui fasilitasi usaha usaha mikro.

b.    Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro
Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah melalui pengembangan, penguatan dan perlindungan usaha mikro.

c.    Seksi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan
Seksi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan pemberdayaan UKM melalui peningkatan kualitas kewirausahaan.


Program Unggulan Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro:
Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan Achievement Motivation Training (AMT) bagi UMKM.


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.